Bintang Muda – Para astronom telah menemukan sebuah bintang kecil yang tersembunyi di balik sayap kupu-kupu di salah satu sayap konstelasi Chamaeleon.

Sayap Kupu-Kupu Struktur awan ini merupakan campuran gas dan debu yang disebut Nebula Inframerah Chamaeleon. Gas-gas di nebula ini memancarkan cahaya dalam panjang gelombang yang berbeda. Tempat ini dapat dilihat dengan cahaya tampak. Namun Seperti namanya, nebula Chamaleon bersinar jika dilihat di bawah cahaya inframerah. Di sini radiasi inframerah disebut nebula Chamaleon.

Nebula Inframerah Chamaeleon

Astronom Chili melihat Gemini South Telescope di Gemini Observatory dan memotret Nebula Inframerah Chamaleeon di halaman ini.

Seperti namanya, awan hitam putih ini merupakan bagian dari konstelasi Chamaeleon, salah satu rasi bintang di langit selatan. Ya. Pengamat dari belahan bumi selatan dapat melihat gas dan debu ini.

Nebula Chamaeleon terletak di dekat pusat awan di Chamaleon I, salah satu bintang terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Tetangga terdekat dengan Chamaeleon I adalah Chamaeleon II dan Chamaeleon III. Ketiga awan hitam ini merupakan konstelasi yang dikenal sebagai Kompleks Chamaeleon. Karena ukurannya, kompleks Chamaeleon menempati hampir semua area konstelasi Chamaeleon.

Nebula Chamaeleon memiliki cerita yang menarik.

Di pusat nebula adalah mesin nebula Chamaleon. Bintang yang massanya lebih kecil dari matahari. Bintang ini ditemukan di pusat nebula, dekat duri bersayap.

Bahkan Bintang muda yang dingin dan pendiam itu menghembuskan banyak gas yang bergerak cepat. Gas yang dipancarkan oleh bintang diukir ke dalam terowongan di dalam awan berbentuk bintang.

Bentuk sayap di nebula berasal dari pancaran sinar infra merah dan cahaya tampak dari bintang di tengahnya. Cahaya inframerah tampak yang dipancarkan oleh bintang-bintang memancar dari terowongan melalui awan dan menyebar ke seluruh dinding.

Titik Merah

Dekat bagian tengah foto atau di sebelah kanan bagian tengah foto. Ada objek merah terang di foto yang terlihat seperti noda merah atau sesuatu yang kotor. Objek terang ini adalah Herbig-Haro (HH), yang biasa ditemukan di dekat bintang yang baru terbentuk. Objek Herbig-Haro memancarkan gas yang bergerak cepat dari bintang dan bertabrakan dengan gas dari awan hitam atau awan yang bergerak di dekatnya.

Itu terjadi dengan HH 909A merah di foto. Di tengah awan kupu-kupu bersayap. Emisi yang sangat cepat, atau gas yang dipancarkan oleh bintang, bertabrakan dengan gas dari nebula yang bergerak lambat di sekitar mereka.

Bukankah itu luar biasa?

Tidak hanya itu. Kegelapan di pusat Nebula Inframerah Chamaeleon dianggap sebagai gas dan debu yang mengorbit bintang. Cakram melingkar ditemukan di bintang yang lebih muda dan digunakan untuk mendukung pembentukan planet.

Latar belakang biru muda adalah pantulan cahaya dari bintang terdekat yang tidak terlihat di foto.

Baca juga : Pengertian Bisnis Online